Monday, December 11, 2017

Cara Merawat Seragam Pramuka Anak

Berikut ini adalah informasi nawa cara merawat seragam pramuka anak yang tepat agar tetap terjaga. Bagi ibu yang memiliki anak di usia sekolah tentu kenal betul dengan semua seragam si kecil, termasuk seragam Pramuka. Dewasa ini seragam berwarna coklat muda di atasan dan coklat tua di bawahan ini kerap dipakai di hari Sabtu. Dulunya seragam satu ini dikenakan setiap hari Jum’at dan Sabtu, namun saat ini kebanyakan sekolah menerapkan kebijakan satu seragam untuk satu hari. Alhasil anak sekolah pun paling minim memiliki lima seragam.

Cara Merawat Seragam Pramuka Anak

Seragam jenis Pramuka tentunya merupakan seragam yang wajib dikenakan setiap akhir pekan, entah di hari Jum’at maupun Sabtu sesuai kebijakan sekolah. Warnanya yang cenderung gelap cukup membantu para ibu agar tidak kesulitan menjaga kebersihannya, berbeda dengan seragam putih atau OSIS. Namun, tetap saja seragam jenis ini membutuhkan perawatan lebih supaya awet dan bisa dipakai sampai si kecil lulus sekolah di jenjang yang diduduki, entah SD, SMP, maupun SMA.

Cara merawat seragam pramuka Anak:

Supaya seragam jenis ini lebih terawat dan tetap nyaman dipakai meski hampir empat semester bahkan lebih. Maka ibu bisa memberikan perawatan sederhana dan mudah berikut ini:

1. Baiknya disimpan dengan cara digantung,

Pramuka memiliki warna yang gelap dan meski begitu ketika kusut atau memiliki noda terutama di atasan, dijamin akan terlihat jelas. Ketika akan dipakai si kecil esok pagi maka usahakan digantung dengan hanger khusus. Supaya ketika akan dipakai kondisinya rapi maksimal dan rasanya pun nyaman.

2. Gunakan detergen dalam jumlah terbatas,

detergen yang kita pakai sehari-hari ternyata bisa membuat kain semakin menipis dan warnanya semakin memudar. Berhubung seragam Pramuka yang dimiliki buah hati warnanya gelap tentu tidak akan bagus kalau dicuci dengan detergen berlimpah. Idealnya gunakan dalam jumlah terbatas supaya kualitas bahan dan warna seragam satu ini lebih terjaga. Anda pun tidak perlu repot order seragam ini ke salah satu situs belanja online karena seragam lama luar biasa awetnya.

3. Ketika dijemur pilih tempat yang teduh,

Selain mengatur jumlah detergen yang dipakai, seragam satu ini pun akan lebih awet apabila dijemur di tempat yang teduh. Paparan sinar matahari langsung dengan mudah membuat warnanya pudar sehingga pelan-pelan nampak seperti baju yang sudah usang. Mau tidak mau Anda pun perlu membeli seragam baru dan bisa jadi toko online langganan menaikkan harga seragam tersebut dibanding terakhir berbelanja. Maka, rawat warnanya dengan menjemur di tempat teduh.

4. Atur suhu setrika yang rendah,

Seragam sekolah si kecil tentu wajib sekali disetrika supaya terlihat selalu rapi dan memberi rasa nyaman setiap kali dipakai. Mengingat warna seragam jenis Pramuka cenderung gelap maka kurang baik jika memakai suhu setrika paling tinggi. Lebih cocok dengan suhu rendah sehingga warnanya tidak mudah pudar sekaligus ukurannya tetap pas karena tidak mudah melar. Memahami bagaimana menyetrika maupun mencuci seragam satu ini dijamin akan membuatnya tahan lama.

Seragam sekolah menjadi kebutuhan primer bagi buah hati yang memasuki dunia pendidikan, baik untuk TK maupun nanti di tingkat SMA. Ketika memasuki masa kuliah maka anak sudah tidak perlu memakai seragam lagi karena bisa memakai baju biasa. Mengingat seragam ini akan dipakai rutin di hari yang salam selama beberapa tahun maka wajib sekali merawatnya dengan baik. Dijamin lebih hemat dibanding harus membeli seragam Pramuka baru setiap pergantian tahun ajaran.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Merawat Seragam Pramuka Anak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.