Friday, June 22, 2018

Ternyata Inilah Manfaat Sawi Hijau Dan Efek Sampingnya

Sayur sawi biasanya dimasak berupa tumisan di berbagai sayuran pelengkap lainnya. Berbagai macam olahan makanan yang telah dijual, biasanya lebih memilih sawi hijau sebagai pelengkapnya daripada sayur lainnya. Hal tersebut karena sawi hijau mempunyai rasa khas yang enak dan tetap nikmat meski sudah tercampur berbagai sayuran lainnya. Selain itu, terdapat berbagai manfaat sawi hijau bagi kesehatan tubuh dari kandungan gizi didalamnya.

Sawi hijau ini merupakan jenis tanaman yang populer di berbagai negara. Sayur sawi ini sangat rendah kalori namun tetap tinggi akan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut membuat sawi hijau ini diolah menjadi makanan yang enak dan bergizi.

Manfaat Sawi Hijau Dan Efek Sampingnya

Sawi hijau ini berasal dari negara China yang telah dibudidayakan hingga berabad-abad, namun kini sudah dapat ditemukan diberbagai belahan dunia. Dalam dunia kuliner, sayuran tersebut dapat digunakan sebagai salad dan penghias makanan lainnya. Berikut ini manfaat dari sawi hijau bagi kesehatan tubuh:

Menyehatkan Tulang

Asupan rendah vitamin K ini telah dikaitkan dengan sebuah resiko yang lebih tinggi karena penyebab terjadinya patah tulang. Dengan banyak mengkonsmsi vitamin K tersebut maka hal penting bagi kesehatan akan lebih baik. Satu cangkir rebusan dari sawi hijau tersebut dapat memberikan vitamik K untuk kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Mencegah Kanker

Sayuran sawi hijau ini mempunyai senyawa yang mengandung banyak sulfur yang dapat menghambat proses kanker terhadap tahap perkembangan. Sawi hijau juga mengandung berbagai klorofil dengan jumlah yang cukup tinggi serta cukup efektif dalam  memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik.

Baik Untuk Diabetes

Sayur sawi hijau mengandung banyak antioksidan. Selain itu juga meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah oksidatif stres yang dapat disebabkan oleh perupahan terhadap pasien dengan diabetes.

Sawi hijau ini juga mempunyai kandungan serat air yang cukup tinggi untuk membantu mecegah sembelit dan mempromosikan keteraturan dalam buang air besar.

Menyehatkan Kulit dan Rambut

Sawi hijau juga kaya akan vitamin A yang dapat membuat rambut lembab. Vitamin A tersebut juga sangat diperlukan dalam pertumbuhan semua jaringan pada tubuh termasuk rambut dan kulit.

Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab dari rambut rontok, namun hal tersebut juga dapat dicegah dengan berbagai asupan makanan yang mengandung banyak zat besi. Kurang mendapatkan asupan zat besi juga dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh dengan menggunakan energi. Sawi hijau adalah salah satu sumber dari zat besi yang cukup besar.

Membantu tidur dan Suasana Hati

Kandungan kolin yang ada di dalam sawi hijau juga merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membantu tidur serta gerakan otot. Kolin tersebut dapat membantu untuk terus mempertahankan membran sel serta membantu transmisi implus pada saraf.

Bagikan

Jangan lewatkan

Ternyata Inilah Manfaat Sawi Hijau Dan Efek Sampingnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.